Puasa sebagaimana ibadah mahdah lainnya (syahadat, shalat, zakat, haji, qurban, akikah) merupakan sarana, instrumen dan wahana untuk mendekatkan diri dan menuju pada Allah.Dalam bahasa Al-Qur’an tujuan puasa adalah takwa. “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar menjadi bertakwa” (Q.S. Al-Baqarah: 183). Orang bertakwa adalah orang yang dekat dengan Allah. Kondisi ini akan tercermin pada perilakunya yang salih dan tercerahkan.

Mengingat idealitas takwa yang harus dicapai maka perlu proses dan upaya untuk menggapainya. Bahkan seberapa proses dan upaya itulah yang akan menentukan derajat takwa yang diraih. Oleh karenanya kita harus berupaya lebih takwa daripada yang lalu-lalu dibuktikan dengan peningkatan amalan ibadah, baik dari segi kuantitas apalagi kualitas.

Dalam video ini pemateri (Ibu Hj. Rasyidah, S.Pd.I.) menjelaskan tentang hukum-hukum dan hikmah ibadah puasa. Selamat menyaksikan dan semoga bermanfaat!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *