Hidup kita tidak lepas dari yang namanya dosa. Hidup kita tidak terlepas dari yang namanya kesalahan. Dan kita selalu berharap ada cara yang Allah berikan kepada kita untuk diampuni dosa kita. Kita selalu meminta ampun kepada Allah… dan salah satunya… yang sering melenakan kita adalah sebuah hadis yang kalau kita tidak komplit dalam memahaminya… atau mungkin kita tidak membaca ayat maupun hadis yang lain, maka hadis ini sering melenakan.

Hadis yang sering kali kita dengar ketika awal-awal Ramadhan itu adalah :

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa berpuasa di bulan ramadhan dengan penuh keimanan dan pengharapan, maka akan diampuni semua dosa-dosanya yang telah lampau”

Seolah-olah hadis ini menunjukkan kalau kita masuk ke dalam bulan Ramadhan kemudian ketika seseorang nanti atau kemarin berpuasa karena Allah, maka Allah berjanji akan mengampuni seluruh dosanya. Benarkah seluruh dosa dapat diampuni dengan mengandalkan ibadah puasa saja?

Dalam sebuah hadis Rasulullah menyebutkan nanti dihari kiamat akan ada orang-orang yang menghadap Allah dengan membawa amal yang begitu banyak namun justru ia termasuk orang-orang yang dicampakkan ke dalam api neraka. Nah mengapa dan siapakah mereka yang dimaksudkan oleh Rasullullah? Pada video materi ke 6 ini bapak Frenky Suseno Manik, S.Si. akan menjelaskan hal tersebut. Semoga bermanfaat, dan selamat menyaksikan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.