Gerbang sekolah masih tertutup, pagi sebelum pukul 07.00 WIB, Safana sudah berada di depan sekolah. Tidak lama berselang, Safana Zahira bergegas memasuki Lab. Komputer dan bersiap-siap untuk ujian. Pasalnya, hari ini -pukul 07.00 s.d. 11.40 WIB- adalah jadwal KSN-P 2020 mata pelajaran Matematika yang sudah ditetapkan oleh Kemdikbud. Peserta didik kelas XII IPA 1 ini merupakan salah satu dari lima orang peserta Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi dari SMAN 1 Gunung Meriah.

Tepat pukul 07.00 WIB, tampak Safana mulai membaca dan mengerjakan soal-soal dengan serius. Hening dan fokus. Sesuai dengan pakta integritas, tak seorang pun mendampingi Safana dalam mengerjakan soal-soal dari Kemdikbud itu. “Sayang jika tidak diikuti, mana tahu nanti ada rezeki mereka bisa lolos ke tingkat Nasional”, demikian harap bapak H. Syaipul Hidayat, S.Pd. selaku Kepala Sekolah.

“Kalau dalam menjawab soal yang pastinya susah karena persiapannya kurang banyak. Tapi insyaa Allah tadi bisa juga kok sebagaian menjawab soal-soalnya”, respon Safana ketika ditanya oleh bapak Frenky Suseno Manik, S.Si. sesaat ujian telah selesai.

Safana berpesan kepada adik-adik kelas, khususnya kelas X, agar tidak takut mengikuti lomba-lomba dan tidak hanya berfokus meraih pringkat di kelas. “Kita itu harus banyak mengikuti lomba agar mendapat sertifikat prestasi yang sangat berguna dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Perseiapkan dari sekarang belajarnya insyaa Allah suatu saat sekolah kita bisa masuk tingkat Nasional”, tegasnya.

Ketika ditanya harapannya terkait KSN-P yang sedang diikuti, peserta didik yang sejak SMP langganan masuk OSN tingkat Provinsi ini tetap optimis. “Berharap menang itu pasti ada. Walau persiapan kurang dan banyak kesulitan mengerjakan soal-soal KSN-P Matematika ini, saya harus tetap optimis dengan jawaban yang sudah dikerjakan. Setelah itu tawakkal kepada Allah untuk rezeki dan harapan terbaiknya”, pungkasnya. []

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *